Comeback Gol Dramatis Piala Dunia Dalam Sejarah Sepak Bola

Comeback Gol Dramatis Piala Dunia Dalam Sejarah Sepak Bola

Dalam dunia sepak bola, tujuan utama dari permainan adalah memasukkan bola ke gawang lawan atau mencetak gol. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam permainan sepak bola dunia, comeback atau pembalikkan skor merupakan gol dramatis piala dunia bagi para pecinta sepak bola. Pasalnya, setelah merasa putus asa karena ketinggalan skor mereka dibuat semangat lagi dengan mencetak gol terakhirnya yang menyebabkan tim gagal kalah.

Tidak hanya tim yang merasakan momen dramatis ini, karena para penonton pun ikut merasakan betapa gregetnya pertandingan sepak bola yang mereka saksikan. Makanya, saat tim yang mereka dukung melakukan comeback, para penonton juga ikut merasakan harunya perjuangan tim tersebut. Berikut beberapa gol dramatis piala dunia yang telah kami rangkum untuk Anda.

Gol Dramatis Uruguay 2-1 Brasil, Final Piala Dunia 1950

Seiring dengan status Brasil yang merupakan tuan rumah dalam Piala Dunia 1950, menjadikan Brasil sebagai tim favorit dalam Piala Dunia tersebut. Dalam pertandingan tersebut penampilan Brasil cukup cantik dan tak terkalahkan sejak fase grup. Mereka mampu menghajar Swedia dengan skor 7-1 dan Spanyol dengan skor 6-1 untuk bisa melaju ke final.

Sedangkan Uruguay berhasil mencetak gol 8-0 melawan Bolivia pada fase grup. Lalu Uruguay harus melawan Swedia dan Spanyol agar bisa lanjur ke babak final. Nampaknya Uruguay mengalami sedikit kesulitan saat melawan mereka. Namun, di babak final segalanya berubah. Di Stadion Maracana, Rio De Janeiro yang berisi 200.000 penonton, Brasil berhasil unggul 0-1 pada menit ke-47 yang dicetak oleh Albino Friaca.

Hal ini tentu membuat Uruguay tertinggal skor 0-1. Tapi semangat mereka tidak patah, mereka terus bekerja sama antar sesama pemain agar berhasil mencetak gol. Benar saja, pada menit ke-66 dan menit ke-79 mereka berhasil mencetak gol dan berhasil memepertahankannya hingga akhir pertandingan. Hal ini membuat skor akhir pertandingan menjadi Uruguay 2-1 Brasil, dan Uruguay dipastikan meraih gelar Piala Dunia ke-2.

Gol Dramatis Liverpool 3-3 AC Milan, Final Champions League 2005

Laga Final Champions League, sepertinya merupakan Laga yang paling berkesan dalam sepak bola dunia. Hal ini disebabkan oleh The Reds yang behasil memutarbalikkan skor secara ajaib pada pertandingan yang mempertemukan antara Liverpool dan AC Milan ini. Pada babak pertama, anak asuh dari Rafael Benitez ini seolah akan mendapatkan kekalahan telak, karena tertinggal skor 0-3 oleh AC Milan.

Namun pada babak ke dua, The Reds berhasil mencetak 3 buah gol dramatis yang dilakukan oleh Steven Gerrard, Viadimir Smicer dan Xabi Alonso. Skor ini berlangsung hingga babak tambahan selesai, dan akhirnya ditentukan oleh adu penalti yang menyebabkan Liverpool berhasil keluar sebagai juara Champions League ke-5. Laga ini hingga sekarang dikenang public dengan sebutan The Istanbul Miracle.

Gol Dramatis Bayern Munchen 1-1 Chealse, Final Champions League 2012

Laga yang satu ini merupakan laga yang cukup mengejutkan dalam sejarah gol dramatis piala dunia. Bayern Munchen yang nampaknya memiliki segalanya, harusnya mudah untuk menaklukan Chelsea. Laga ini dilaksanakan di Allianz Arena yang merupakan kandang dari Bayern Munchen. Bayern Munchen tercatat meraih agregat 7-1 atas Basel (16 besar), 4-0 atas Marseille (perempat final) dan berhasil menyingkirkan Real Madrid pada semifinal.

Sedangkan, Chelsea beruntung karena mengalahkan Barcelona pada Semifinal. Diprediksi dapat mengendalikan permainan, alih-alih Bayern Munchen malah gagal mencetak gol. Thomas Muller berhasil mencetak gol pada menit ke-83 yang kemudian disusul oleh Didier Drogba pada menit ke-88 yang membuat skor mereka seri. Pada babak tambahan Arjen Robben gagal mencetak gol yang membuat Bayern harus terima kekalahan dengan skor Bayern 3-4 Chelsea.

Gol dramatis yang terjadi pada laga sepak bola selalu menjadi hadiah terindah bag tim yang menang dan malapetaka bagi tim yang kalah. Namun dalam sebuah permainan, sportifitas merupakan hal harus selalu dinomor satukan, agar senantiasa tercipta kedamaian dalam setiap pertandingan sepak bola baik pada Piala Dunia atau hanya pertandingan antar daerah saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *